..::DAPATKAN PROMO MOBIL HONDA MELALUI WEBSITE INI::.. ..::PAKET KREDIT DENGAN BUNGA 0%::.. ..::PROGRAM PAJAK 0% atau PPnBM 100%::.. ..::PROGRAM PAKET PENDIDIKAN DAN LOYALIST::.. ..::BI CHECKING?? TAKUT REJECT?? KAMI ADA SOLUSI::..
Menu
Model
Beranda » Uncategorized » Tak Perlu Khawatir AC Mobil Menyala Puluhan Jam Nonstop

Tak Perlu Khawatir AC Mobil Menyala Puluhan Jam Nonstop

Dipublish pada 31 Mei 2021 | Dilihat sebanyak 8 kali | Kategori: Uncategorized

JAKARTA – Dalam kondisi terjebak macet selama belasan bahkan puluhan jam saat mudik dan balik, perangkat air conditioning (AC) harus dalam kondisi prima. Jika tidak, bisa mandi keringat di mobil. Namun apa risikonya jika AC dipaksa bekerja nonstop selama itu? Pemilik bengkel AC kendaraan, Rotary, Ferry Jansen menjelaskan, tak ada masalah berapa lama pun AC diaktifkan.

“AC yang normal enggak ada masalah dia mau dinyalakan selama macet berjam-jam. Yang penting, fan harus dalam keadaan hidup dan kompresor AC tidak ada bunyi. Jadi pemakaian nonstop enggak ada masalah. Tapi kalau electric fan ada masalah, jangankan 20 jam macet, setengah jam saja sudah bikin kompresor kepanasan atau overheat,” ujarnya saat dihubungi Okezone.

Umumnya, lanjut dia, perangkat AC sudah dirancang sedemikian rupa untuk bekerja secara otomatis, mengikuti kondisi mobil.

“AC itu ada otomatisnya. Jadi suhu dingin ideal AC kalau kita ukur dari kisi-kisi di dalam kabin menggunakan termometer itu antara 3-8 derajat Celcius. Saat mencapai itu, maka kompresor akan off secara otomatis, itu yang mengatur adalah termostat. Jadi mau pakai AC tiga jam atau 20 jam perjalanan pun dia akan tetap bekerja. Jika dinginnya sudah tercapai, maka sensor akan memutuskan kompresor supaya cut. Dengan catatan, kondisi termostatnya masih normal dan tidak bermasalah. Kalau komponen ini bermasalah maka AC mobil bisa jadi beku,” paparnya.

Kinerja komponen AC yang normal, tambah Ferry, bisa diketahui dari kondisi putaran mesin mobil (RPM) yang terasa normal, atau kadang sedikit lebih tinggi dalam kurun waktu tertentu.

“Termostat itu menghidupkan kompresor, fan, dan iddle-up. Misalkan kita menyalakan AC mobil dari dalam. Maka blower di bagian dalam menyala. Kedua, berbarengan menghidupkan kompresor, lalu fan bagian luar, dan iddle up. Itu yang memengaruhi putaran mesin. Saat kompresor mati, maka kondisinya sebaliknya,” pungkas dia.

Sumber : https://otomotif.okezone.com/read/2016/07/11/15/1435106/tak-perlu-khawatir-ac-mobil-menyala-puluhan-jam-nonstop

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Cara Tepat Mengetahui UMUR BAN

Dipublish pada 9 Oktober 2020 | Dilihat sebanyak 208 kali | Kategori: Uncategorized

  Ban merupakan satu-satunya komponen yang menempel di jalan. Karena perannya yang vital, perawatan ban harus diperhatikan. Berbeda dengan kebanyakan suku cadang, ban memiliki masa pakai. Meski tak digunakan, umur ban akan terus bertambah. Semakin tua usia ban, maka akan... selengkapnya

7 Penyebab Mobil Boros Bensin

Dipublish pada 15 Maret 2021 | Dilihat sebanyak 34 kali | Kategori: Uncategorized

Setiap pengendara mobil tentunya ingin konsumsi bahan bakar di kendaraannya irit atau tidak boros. Tapi kalau Anda sudah berkendara secara eco driving, namun konsumsi bahan bakar tetap boros, artinya mobil yang Anda kendarai mengalami beberapa masalah teknis. ada 7 penyebab konsumsi bahan bakar... selengkapnya

Mobil Matic Mogok Mendadak, Lakukan Hal Ini!

Dipublish pada 5 Maret 2021 | Dilihat sebanyak 22 kali | Kategori: Uncategorized

Sewaktu-waktu musibah mobil matic mogok bisa menimpa siapa saja. Agar bisa berjaga-jaga, kamu wajib tahu dong cara mengatasi mobil matic mogok. Memang sih, kamu bisa memanggil jasa montir jika sewaktu-waktu mobil matic milikmu mogok. Walau begitu, ada baiknya juga kamu bisa mengetahui seluk-beluk mengenai kendaraan pribadimu sebagai pertolongan pertama. Betul... selengkapnya

Jejak Pengunjung

15676
Hari ini : 41
Kemarin : 75
Bulan ini : 635
Tahun ini : 6143
Total Kunjungan : 15676
Hits Hari ini : 126
Total Hits : 37044
Who's Online : 2

Pembiayaan

– Mandiri Finance Syariah

– Mandiri Utama Finance (MUF)

– Astra Credit Company (ACC)

– Adira Finance

– Maybank Finance

– INFI Syariah

 

 

Chat WhatsApp
Telp Sekarang
Lokasi Dealer