..::DAPATKAN PROMO MOBIL HONDA MELALUI WEBSITE INI::.. ..::PAKET KREDIT DENGAN BUNGA 0%::.. ..::PROGRAM PAJAK 0% atau PPnBM 100%::.. ..::PROGRAM PAKET PENDIDIKAN DAN LOYALIST::.. ..::BI CHECKING?? TAKUT REJECT?? KAMI ADA SOLUSI::..
Menu
Model
Beranda » Uncategorized » 7 Penyebab Mobil Boros Bensin

7 Penyebab Mobil Boros Bensin

Dipublish pada 15 Maret 2021 | Dilihat sebanyak 49 kali | Kategori: Uncategorized

Setiap pengendara mobil tentunya ingin konsumsi bahan bakar di kendaraannya irit atau tidak boros. Tapi kalau Anda sudah berkendara secara eco driving, namun konsumsi bahan bakar tetap boros, artinya mobil yang Anda kendarai mengalami beberapa masalah teknis. ada 7 penyebab konsumsi bahan bakar mobil boros tanpa disadari. Mulai dari telat mengganti oli mesin, hingga knalpot yang mengalami kebocoran. Berikut penjelasannya.

1. Terlambat mengganti oli

Penyebab mobil boros bensin yang satu ini umum terjadi, di mana pengendara terus menunda servis mobilnya. Padahal ketika rutin diservis, otomatis oli pada mobil akan diganti. Ini penting, terlebih untuk mobil yang dipakai setiap hari.

Jarak rata-rata setiap mobil untuk ganti oli adalah 5.000 km. Apabila melewati jarak tersebut, maka bisa mengakibatkan penurunan kualitas pada oli. Akibatnya, kinerja mesin berkurang dan menyebabkan bensin menjadi boros.

2. Masalah pada ban

Ban juga bisa berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar, lho. Misal mobil yang dimodifikasi menggunakan ukuran ban yang lebih besar, ini akan bikin bahan bakar boros lantaran beban gesek pada ban dan bobotnya akan bertambah. Laju mobil otomatis akan terhambat dan sudah pasti akan boros bensin. Jadi pastikan bahwa ukuran ban yang digunakan sudah standar.

Selain ukuran ban yang besar, masalah lainnya adalah tetap menggunakan ban kempis atau yang sudah gundul. Ban yang sudah botak juga meningkatkan gesekan dengan aspal.

3. Filter bensin kotor

Filter bensin adalah bagian yang wajib dibersihkan tepat waktu. Filter bensin harus dibersihkan dan wajib diganti setiap interval 30 ribu km hingga 40 ribu km. Tujuannya agar bensin yang disalurkan ke ruang bakar selalu bersih.

Ketika bensin yang dipasok kotor, maka akan membuat lebih boros BBM karena kotoran yang masuk ke ruang bakar. Tentu saja jika dibiarkan terus menerus akan menimbulkan kerusakan pada ruang bakar mobil.

4. Filter udara kotor

Selain filter bensin, bagian yang juga perlu dibersihkan secara rutin adalah filter udara. Mesin mobil butuh suplai udara bersih, sehingga mesin bisa bekerja dengan maksimal. Filter udara yang kotor akan mengurangi pasokan udara bersih ke dalam mesin.

Bentuk dari filter udara ini seperti kertas dan memiliki pori yang berfungsi untuk menyaring kotoran. Sehingga kotoran seperti debu tidak akan masuk ke dalam mesin. Debu yang menyangkut pada bagian kain ini kian lama akan menumpuk.

Dampak buruk yang terjadi jika filter udara dibiarkan kotor adalah berkurangnya udara masuk ke dalam mesin. Hasilnya adalah piston bekerja dengan berat, sehingga Anda harus menginjak pedal gas lebih dalam agar bertenaga dan membuat bensin boros.

5. Penggunaan AC yang terlalu dingin

Semua mobil kini sudah dilengkapi dengan Air Conditioner. Kehadiran AC dalam kabin membuat penumpang nyaman, tapi perhatikan juga bagaimana cara menggunakannya.

Saat siang hari ketika cuaca panas, kebanyakan orang cenderung menghidupkan AC sampai paling dingin. Padahal cara ini salah karena semakin dingin AC, maka bahan bakar yang digunakan juga semakin banyak.

Saat suhu AC sangat dingin, maka kompresor yang memompa refrigrant akan membagi daya. Efeknya, power mesin terkuras banyak dan kompresor AC bekerja lebih keras. Kemudian ketika berkendara, Anda harus menginjak pedal gas dalam-dalam, otomatis bensin yang digunakan untuk pembakaran tersedot lebih banyak.

6. Pakai bahan bakar yang tidak tepat

Penyebab bensin boros juga bisa dikarenakan salah menggunakan bahan bakar. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai rekomendasi pabrikan, bisa membuat sistem pembakaran tidak sempurna.

7. Kebocoran pada knalpot

Bagian knalpot seringkali luput dari perhatian, karena knalpot bocor bisa jadi sumber penyebab bensin boros. Gas buangan dari pembakaran bahan bakar dilakukan melalui knalpot. Ketika sistem bermasalah pada pembuangan gas seperti bocor, maka bensin yang digunakan akan lebih besar. Sebaiknya perhatikan ketika terjadi knalpot bocor pada mobil dan harus segera diatasi.

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Mobil Matic Mogok Mendadak, Lakukan Hal Ini!

Dipublish pada 5 Maret 2021 | Dilihat sebanyak 32 kali | Kategori: Uncategorized

Sewaktu-waktu musibah mobil matic mogok bisa menimpa siapa saja. Agar bisa berjaga-jaga, kamu wajib tahu dong cara mengatasi mobil matic mogok. Memang sih, kamu bisa memanggil jasa montir jika sewaktu-waktu mobil matic milikmu mogok. Walau begitu, ada baiknya juga kamu bisa mengetahui seluk-beluk mengenai kendaraan pribadimu sebagai pertolongan pertama. Betul... selengkapnya

Cara Merawat Setir Mobil agar Bersih dari Virus dan Bakteri

Dipublish pada 5 Maret 2021 | Dilihat sebanyak 82 kali | Kategori: Uncategorized

Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona yang marak akhir-akhir ini, Anda harus lebih rajin dalam membersihkan kendaraaan, khususnya pada bagian interior. Dari sekian banyak komponen, setir jadi bagian di mobil yang paling sering disentuh. Untuk itu bagian lingkar kemudi harus rajin... selengkapnya

Honda CR-V Turun Rp 28,4 Juta karena PPnBM, Segini DP dan Cicilannya

Dipublish pada 8 April 2021 | Dilihat sebanyak 61 kali | Kategori: Uncategorized

Jakarta – Honda CR-V mendapatkan relaksasi atau keringanan berupa potongan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) sebesar 50%. Hasilnya, harga Honda CR-V pun bisa turun hingga Rp 36 jutaan. Seperti apa simulasi uang muka dan angsurannya jika ingin membeli mobil SUV ini secara... selengkapnya

Jejak Pengunjung

18000
Hari ini : 22
Kemarin : 36
Bulan ini : 58
Tahun ini : 8467
Total Kunjungan : 18000
Hits Hari ini : 117
Total Hits : 47037
Who's Online : 2

Pembiayaan

– Mandiri Finance Syariah

– Mandiri Utama Finance (MUF)

– Astra Credit Company (ACC)

– Adira Finance

– Maybank Finance

– INFI Syariah

 

 

Chat WhatsApp
Telp Sekarang
Lokasi Dealer